Belajar Excel Untuk Pemula Memahami Menu Data dengan lengkap

Belajar Excel Untuk Pemula Memahami Menu Data dengan lengkap

 Belajar Excel Untuk Pemula Memahami Menu Data dengan lengkap - Belajar excel Dasar untuk pemula yaitu pemahaman menu data dengan mudah, dalam pelajaran kali ini m masih membahas tentang materi dasar Excel yaitu memahami tentang menu data dari Microsoft Excel, sebelum kita menginjak pada pemahaman yang lebih kompleks mengenai fungsional data di dalam Microsoft Excel, bagaimana cara menggunakan fungsi data tersebut dengan baik dan benar, kita akan bahas di sini dari mulai dasar-dasar dulu dari pemahaman menu data di dalam Microsoft Excel disebut.


kita mulai saja ya dari pembahasan dasar tentang menu data dalam Microsoft Excel tersebut kita mulai dari from access.


gambar MS access pada ms excel


FROM ACCESS merupakan fungsi yang menghubungkan Microsoft Excel di dalam  database Microsoft access, ini tidak akan dijelaskan disini karena itu akan dijelaskan nanti pada pembahasan pembahasan mengenai fungsi fungsi access secara detail pada pembahasan pembahasan  lainnya.


import web dengan ms excel fungsi



 FROM WEB adalah sebuah menu data di dalam Microsoft Excel yaitu untuk mengakses sebuah web di dalam Microsoft Excel sehingga web tersebut bisa diaplikasikan masuk ke dalam Microsoft Excel.


 Fungsi dan kegunaan From Web


from web ini berfungsi untuk mengambil data secara langsung dari akses web ke dalam microsof excel yang nantinya data-data tersebut bisa dikelola atau difilter sesuai dengan keinginan kita.

Berikut Contoh From Web import website








from text import text dengan fungsi excel


FROM TEXT adalah sebuah menu data di dalam Microsoft Excel yaitu untuk mengambil atau mengimport data teks ke dalam microsof excel, yang nantinya data-data tersebut dikelola di dalam lembar kerja Excel sesuai dengan kebutuhan data yang kita inginkan.


 Fungsi dan kegunaan from text


From taks berfungsi untuk mengambil data di dalam Microsoft Excel secara cepat tanpa harus kita melakukan copy paste data tersebut, yang nantinya data tersebut bisa dikelola dengan metode yang kita miliki.


Berikut contoh animasi From text dalam import data






data base excel data resource

From other source adalah sebuah fungsional Excel yang menghubungkan Microsoft Excel ke dalam database MSQL, hal ini sangat bermanfaat sekali untuk penggabungan data melalui akses online atau mengambil data dalam sistem online yang saling terhubung di dalam sebuah database MySQL.

Database excel


Akses koneksi adalah sebuah menu data Excel untuk menghubungkan meng mengkoneksikan Excel ke dalam database, yang tentunya database tersebut adalah untuk difungsikan pengelolahan lembar kerja dalam jumlah yang besar karena hal tersebut kita memerlukan sebuah database.

menu penyegaran excel data refresh all

REFRESH adalah wah buah fungsi di dalam Microsoft Excel data dimana fungsi tersebut adalah untuk memperbaharui data atau melakukan penyegaran data ketika koneksi koneksi atau rumus-rumus Excel tidak terhubung.

sort dan filter data excel dengan cepat



Sort data adalah sebuah fungsional Excel dimana fungsi tersebut adalah untuk melakukan sortil data atau pengurutan data menurut kriteria kita ada dua methode sort data yaitu ASC dan DESC sortil data.


Berikut contoh Sort data ASC dan DESC







Filter data excel fungsi



Filter data adalah sebuah rumus di dalam Microsoft Excel yaitu untuk mencari nilai kriteria di dalam sebuah data gimana kriteria tersebut bisa ditampilkan seutuhnya tanpa melibatkan kriteria-kriteria yang lain, fungsi ini juga sangat sering digunakan oleh para pengguna Microsoft Excel baik itu pemula atau yang sudah mahir di dalam mengolah data di dalam Microsoft Excel.

Dalam metode filter data ada beberapa menu dalam melakukan filter yang pertama adalah filter dasar diantara selain daripada filter dasar di dalam mengelola data tersebut,  diantaranya adalah clear dan advanced  hal-hal tersebut merupakan kriteria dari metode filter data di dalam Microsoft Excel.


Berikut Contoh Filter data






pisahkan text dengan column data



TEXT TO COLUMN  adalah sebuah fungsi Excel dimana fungsi dari data tersebut adalah untuk memisahkan sebuah teks yang yang kita miliki Dan kemudian memisahkannya dalam beberapa kolom sesuai dengan ketentuan yang kita inginkan.


Contoh kerja text to column





Hapus duplicate column dalam excel



Remove duplicate adalah sebuah fungsi data di dalam Microsoft Excel yaitu untuk menghapus nilai di aplikasi dalam sebuah lembar kerja Excel yang kita kelola.


Contoh kerja Remove duplicate





validate data list excel fungsi



Validate data adalah sebuah fungsi Excel data yang difungsikan untuk membalikan sebuah data di dalam sebuah fungsi di dalam Microsoft Excel seperti fungsi atau fungsi-fungsi yang lain di dalam Microsoft Excel yang kita kelola


Berikut Contoh sederhana Validate data





Group ungrup excel data




Grup adalah sebuah fungsi Excel untuk menggabungkan beberapa fungsi menjadi satu variabel sehingga kita bisa mengelompokkan data data tersebut dalam metode group.


Ungrup adalah sebuah fungsi Excel yang digunakan untuk memisahkan anne-marie Abel yang pernah dijadikan grup kemudian dipisahkan menjadi beberapa bagian ini disebut juga sebagai pemecahan kelompok grup.

Berikut Contoh group dan Ungrup





                                                               subtotal excel data fungsi

Subtotal adalah sebuah fungsi Excel data menu yang digunakan dalam melakukan metode  pengelompokan di dalam sebuah fungsi Excel.

Oke demikian tutorial kali ini tentang pembahasan menu data di dalam Microsoft Excel semoga pemahaman dasar tersebut bisa membuat teman-teman paham mengenai Microsoft Excel, yaitu tentang menu data, untuk pembahasan secara detail akan dijelaskan secara metode pembahasan dasar dari Microsoft Excel ini sampai selesai dan kita akan lanjut pada pembahasan yang lebih kompleks dan lebih detail mengenai fungsi fungsi dan rumus Excel secara mendasar di dalam sebuah lembar kerja.

Kenapa alasan kami membahas tentang Microsoft Excel ini dari mulai awal sampai akhir pembahasan secara kompleks, sebenarnya kami menulis sebuah metode pembelajaran ini untuk diri kami juga sebagai bahan rujukan ketika kami mulai lupa di dalam menu Excel tersebut, dan kami bisa melihat pelajaran pelajaran yang telah kami buat sendiri sebagai catatan untuk kami agar kami selalu mengingat rumus-rumus yang telah kita gunakan di dalam Microsoft Excel tersebut.

Semoga juga teman-teman bisa memahami pelajaran pelajaran tentang Microsoft Excel tersebut dari mulai dasar-dasar menu Excel sampai dengan pembahasan tentang Excel yang lebih kompleks mengenai rumus-rumus dan kode-kode di dalam Microsoft Excel yang nanti akan kita bahas secara detail disini.


"salam tutorial Microsoft Excel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel