Belajar Excel lengakap tentang Developer Menu Berikut contoh Dasar

Belajar Excel lengakap tentang Developer Menu Berikut contoh Dasar

Belajar Excel lengakap tentang Developer Menu Berikut contoh Dasar - Dalam perlajaran kali ini kita akan membahas tentang dasar excel yaitu menu Developer, yang merupakan tahapan dalam pengembangaan menu excel dimana menu ini akan sangat berguna sekali dalam mempercepat aktifitas kita dalam mengolah data kita, mari kita pahami dasar dari menu developer yang wajib kita pahami.

Cara mengaktifkan menu developer di dalam lembar kerja excel menu.


cara menampilkan developer menu pada excel macro

Untuk methode pengaktifan menu developer tersebut kita bisa masuk ke file > options > custom ribbon > centang Developer >   Kemudian oke dan menu developer akan terlihat di atap MS excel  tersebut, kemudian setelah kita mennampilkan menu developer kita juga wajib mengaktifkan scurity setting agar visual basicnya tidak error atau ngadat ketika menjalankan sebuah program macros terserbut, untuk cara dalam mengaktifkan scurity setting bisa di lihat pada gambar di bawah ini.


cara setting cepat scurity macros enable

Methode pengaktifan scurity setting di damal MS excel macros dengan menekan Macro scurity > kemudian > activX setting > enable all controls > safe mode
 kemudian 
macro setting > enable all macros > trust access to VBA kemudian langsung klik ok.

oke setelah persiapan seting dasar sudah selesai kita akan coba mulai mengenal dasar dulu kita mengenal menu VBA atau dinamakan visual basic excel, kita pada tahapan pengenalan dulu sebelum ke inti dari program visual basic excel tersebut.

mengenal VBA dasar dari excel
Di atas merupakan contoh dari VBA yang bisa anda akses yang nantinya akan sangat begruna dalam menjalankan program atau pembuatan aplikasi mode yang terkoneksi dengan data excel yang kita bangun.

contoh macro record excel dan play

Pelajaran kedua adalah berkenalan dengan robot record macro yang berfungsi untuk menyimpan sebuah aktifitas yang nantikya aktifitast tersebut akan di bisa di jalanakan berulang ulang dengan cepat tanpa kita menyentuhnya.

modul insert

Kita juga memahami menu insert dalam menu ini ktia akan melihat sebuah alat alat yang sangat berguna dalam menjalankan menu macro, atau robot macro, perlu di pahami juga dalam methode macro ini merupakan pelajaran yang sangat asik dalam mengolah data, dimana data yang kita kekola bisa otomatis terisi dan terhubung dengan mudah, oleh karena itu kita perlu memahami dasarnya dulu agar kita tidak bingung ketika menginjak pada masalah dan problem inti didalam MS excel tersebut.

Hal hal yang perlu di perhatikan ketika kita bersiap mengolah data kita juga harus penuhnya memahami dasar dari sebuah fungsi agar kita kita sekulitan dalam memahami sebuah fungsional yang nantinya kita bangun tersebut.

Oke semoga pemahami excel kali ini bisa membuat teman teman paham dalam methode pembelajaran excel tersebut, untuk lebih jelasnya akan kita tulis secara perlahan mengenai rumus dan contoh dasar excel tersebut.

"Salam tutorial excel Developer Macro"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel